Friday, May 15, 2015

Tips Lacak Android yang Hilang

Mendadak ponsel Android Anda tak ketahuan rimbanya. Anda lakukan panggilan tak juga ketemu. Hmm…bencana pun datang, apalagi di dalamnya berisi bergitu banyak data. Google punya fitur Android Device Manager yang berguna  pula untuk mencari ponsel  terselip, terjatuh, atau hilang.  Android Device Manager langsung cepat bekerja dengan membunyikan suara dalam volume maksimal, meskipun sebelumnya ponsel pengguna dalam silent mode.

Ketika pengguna kehilangan ponsel Android-nya di tempat yang tidak diperbolehkan adanya kebisingan, pengguna dapat memanfaatkan real time map pada Android Device Manager.
Fungsi lainnya yang ditawarkan Android Device Manager adalah melindungi informasi dan data pribadi pengguna Android. Jika perangkat Android pengguna hilang dan tidak dapat lagi ditemukan, sementara ada data penting di dalamnya, pengguna dapat segera menghapusnya dari jarak jauh agar tidak dapat diakses oleh orang lain yang menemukannya.

Untuk dapat mengaktifkan Android Device Manager, yang utama dibutuhkan adalah akun Google pengguna Android. Anda tidak perlu men-download aplikasinya karena Google secara otomatis menambahkan fitur ini ke ponsel Android dengan syarat sudah menggunakan Android versi 2.2 (Froyo) ke atas.  Syarat lain yang juga harus terpenuhi adalah paket data dan GPS harus aktif. Ponsel harus dalam kondisi hidup.

Bagaimana menggunakannya?

STEP 1

Untuk memanfaatkan fitur ini, silahkan login ke akun Gmail yang Anda miliki di web browser. Buka halaman pengelolaan Android device manager di www.google.com/android/devicemanager?u=0. Layanan ini akan mendeteksi ponsel Anda.

STEP 2

Secara otomatis, Android Device Manager akan ter-install di ponsel. Ada notifikasi ini di ponsel. Tap notifikasi tersebut. Selanjutnya, tap [Activate] pada jendela konfirmasi yang muncul.

STEP 3

Untuk mengecek apakah fitur ini sudah ter-install di ponsel, masuk ke menu Device Administration di menuSetting.  Jika sudah ada menu “Android Device Manager” terpasang, artinya Anda sudah bisa memakai fitur ini.

STEP 4

Untuk mengetahui posisi ponsel Anda, klik pada tombol koordinat berbentuk bulat di sudut kanan bawah. Layanan ini akan mengontak ponsel, dan menampilkan titik lokasi (dalam rentang radius tertentu) pada peta digital browser.

STEP 5

Untuk menjajal apakah dering bisa diaktifkan dari jarak jauh, lakukan pengesetan terlebih dulu. Klik  pada [Ring] di Android Device Manager di web browser. Tunggu notifikasi. Beberapa saat kemudian, ponsel Anda akan berdering secara tiba-tiba.

STEP 6

Sebaiknya pada ponsel Anda sudah dilengkapi Android Device Manager dan klik [Send a notification to your device] pada menu di bagian bawah jendela. Selanjutnya, sistem pada ponsel akan membuka Android Device Manager. Centangi [Allow remote factory reset]. Ini menjaga jika ponsel Anda tiba-tiba hilang.

STEP 7

Untuk menghapus data dari jarak jauh, klik [Erase] pada jendela Android Device Manager di browser. Tunggu beberapa saat hingga notifikasi proses penghapusan data dilakukan pada ponsel Anda.

CARA LAIN

Menggunakan NaviPhone
 
Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama NaviPhone untuk memudahkan Anda mendeteksi keberadaan ponsel. Namun, Anda harus melakukan sejumlah pengaturan terlebih dulu pada aplikasi dan layanan gratis ini.

STEP 1
Buka browser web di komputer di alamat http://en.naviphone.ru/. Selanjutnya, klik [Register]. Isikan formulir online dan klik [Register]. Setelah sukses, lakukan verifikasi lewat email yang didaftarkan.

STEP 2
Install aplikasi NaviPhone di ponsel Android Anda dari Google Play Store. Jalankan dan masukkan username dan password yang Anda daftarkan. Aplikasi akan menampilkan peta digital dan lokasi ponsel Anda.

STEP 3
Kembali ke browser di komputer.  Misalnya saja ponsel Anda terselip atau hilang dan aplikasi aktif (yang akan otomatis aktif ketika ponsel dinyalakan), Anda tinggal lakukan login di http://en.naviphone.ru.

STEP 4
Untuk mendeteksi keberadaan ponsel, klik [Devices]. Pilih nama ponsel Anda pada boks yang muncul. Posisi ponsel akan ditunjukkan pada peta di browser. Jika ingin mengaktifkan alarm dari jarak jauh, klik [Enable Sound Signal].

APLIKASI LAIN

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan juga untuk mendeteksi keberadaan ponsel. Inilah beberapa pilihannya...
  • Find Phone - Smart Extras
  • SeekDroid: Find My Phone
  • Wheres My Droid
  • Find My Phone Lite
  • Find My Phone

No comments:

Post a Comment