Wednesday, July 1, 2015

khasiat dan mamfaat cabai hitam apa ya gan ? UNIK nya CABAI LANGKA berarna hitam




Cabe Black Hungarian pepper adalah cabe hias yang unik, warnanya tidak lazim – hitam. Cabe ini memiliki tingkat kepedasan rendah – menengah, hanya sekitar 1-1000 SHU saja. Buah pertama dihasilkan dalam 2-3 bulan umur tanaman. Seperti semua jenis cabe, cocok ditanam di Indonesia, dan yang satu ini adalah pecinta sinar matahari (lebih cocok ditanam outdoor).


Beberapa bulan lalu, aku menyemai biji cabe merah. Setelah beberapa hari, tumbuhlah tunas-tunas cabe. Setelah beberapa minggu, ada beberapa tunas cabe yang menarik perhatianku karena batangnya berwarna hitam dan daunnya pun hijau semi kehitaman.

Tunas cabe berbatang hitam
Tunas cabe berbatang hitam


Awalnya aku tidak terlalu memperhatikan. Ketika sedang ramai orang mencari lompong wulung (hitam) aku pun menaruh cabe hitam itu di pot bersanding dengan pohon lompong hitam. Karena tempat kerjaku di luar kota dan kebetulan aku tinggal di luar kota, cabe hitam tadi tidak aku perhatikan lagi.

Beberapa bulan kemudian ketika aku pulang ke kotaku, aku takjub melihat pohon cabe hitam itu. Bukan hanya batangnya yang berwarna hitam, dari pinggiran daun mengerucut ke dalam, berwarna hijau kehitaman. Bahkan buahnya pun berwarna hitam. Ya, Cabai Hitam.




Uniknya, cabe hitam ini akan berubah warna menjadi merah jika sudah tua.


 


Saat ini, aku sudah membiakkan cabe hitam ini dari biji-bijinya dan sudah ada sekitar 100 buah. Keterbatasan waktu membuat aku tidak bisa intensif memeliharanya. kadang-kadang ada beberapa batang yang layu kekurangan air. Ketika aku sirami, cabe hitam itu jadi segar lagi.

Aku mencoba mencari referensi di internet tentang manfaat atau khasiat cabe hitam ini, namun tidak menemukan tulisan apapun yang berhubungan dengan cabe hitam ini. Ada yang bisa membantu?
Jika ada yang membutuhkan bibit cabe hitam ini, silakan kontak aku lewat blog ini. klik disini














No comments:

Post a Comment