Sunday, July 5, 2015

Wiihh....Ternyata Ubur-Ubur ada di Luar Angkasa Juga, Kirain Hanya ada di Bumi

Tak hanya di Bumi, ternyata ubur-ubur juga ada di luar angkasa sejak 23 tahun silam. Bagaimana bisa? NASA mengungkap bahwa sejak awal 1990-an, mereka telah mengirim ubur-ubur ke luar angkasa demi pengembangan ilmu pengetahuan.



Selama misi Spacelab Life Sciences (SLS-1) pertama pada 1991, pesawat ulang alik Columbia saat itu mengirim 2.478 ubur-ubur yang dikemas dalam kemasan seperti kantong dengan air laut buatan.

Astronot menyuntikkan bahan kimia ke dalam tas tersebut yang akan menginduksi ubur-ubur untuk berenang bebas dan bereproduksi. Selama misi, ternyata pertumbuhannya sangat pesat hingga ada 60 ribu ubur-ubur yang mengorbit Bumi.

NASA melakukan percobaan tersebut adalah untuk menguji pengaruh mikrogravitasi pada ubur-ubur. Tujuannya adalah untuk menguji bagaimana ubur-ubur akan merespons hidupnya ketika kembali ke Bumi.

Hasilnya diketahui bahwa ubur-ubur, mirip seperti manusia dalam cara menyesuaikan dirinya dengan gravitasi, seperti dinukil Mashable.

Ketika kembali ke perairan di Bumi, ubur-ubur tersebut mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi perairan di Bumi beserta gravitasinya yang jelas berbeda dengan kondisi yang ada di luar angkasa.


(sumber)

No comments:

Post a Comment